Propellerads

Translate to your language

Thursday, May 12, 2016

Sifat Benda Padat, Cair dan Gas

Halo apa kabar para pengunjung Catatan Callysta?

Pada kesempatan yang lalu saya telah berbagi informasi terkait dengan Materi Bahasa Indonesia yaitu tentang Contoh Pidato Bahasa Indonesia: Mewujudkan Pemimpin Bukan Penguasa.. Nah kali ini saya akan berbagi informasi lagi tentang materi Ilmu Pengetahuan Alam. Terutama untuk anak-anak di sekolah dasar. Tulisan saya kali ini adalah Sifat Benda Padat, Cair dan Gas. Yuk kita simak bersama.

Di alam terdapat tiga wujud benda, yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas. Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda-beda.
  1. Sifat benda padat, yaitu bentuk dan ukurannya tetap.
  2. Sifat benda cair, yaitu bentuknya berubah sesuai dengan tempatnya, tetapi ukurannya tetap. Dalam keadaan tenang permukaan bendacair selalu mendatar. Berbagai macam benda cair mempunyai sifat yang berbeda-beda. Misalnya, minyak bumi berbeda dengan minyak goreng, air bersih berbeda dengan air kotor
  3. Sifat benda gas, yaitu bentuk dan ukurannya berubah sesuai dengan tempatnya, sera benda gas dapat mengalir. Benda gas mengalir dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah.

Berbagai macam benda cair mempunyai sifat yang berbeda-beda. Misalnya, minyak bumi berbeda dengan minyak goreng, air bersih berbeda dengan air kotor. Air mempunyai ciri khusus: air jernih tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Air dapat melarutkan benda padat tertentu, misalnya gula dan gara. Minyak bersifat tidak larut dalam air. Berat minyak lebih ringan dari air, sehingga minyak dapat terapung dalam air

Berbagai benda padat mempunyai sifat yang berbeda-beda. Misalnya, plastisin dan tanah liat bersifat lunak dan mudah dibentuk. Kayu bersifat kuat, keras dan tahan lama, tetapi mudah terbakar. Besi bersifat kuat, keras, tetapi tidak tahan karat.

Gas merupakan benda yang sangat ringan dan mudah menguap. Gas tidak dapat dipegang dan susah diwarnai. Gas dapat berwarna jika bercampur dengan bahan lain.

Benda cair berwujud cair, ukurannya tetap, permukaannya mendatar, dapat mengalir, dan bentuknya berubah sesuai tempatnya  Benda padat ada yang keras, ada yang lunak, serta bentuk dan ukurannya tetap walau dipindah-pindah. Benda gas bentuk dan ukurannya ber ubahubah sesuai dengan bentuk dan ukuran tempat. Benda gas juga dapat mengalir. Benda gas umumnya tidak terlihat. Tetapi jika mengandung bahan lain gas menjadi berwarna, misalnya gas karbon dioksida berwarna hitam, gas lampu neon berwarna putih, dan gas belerang berwarna kuning.

Demikianlah informasi singkat mengenai Sifat Benda Padat, Cair dan Gas. Semoga bermanfaat. Silahkan share ke teman-teman anda dan jangan lupa tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.